Agen Brilink Stand Pasar Tempeh "Dekatkan Akses Perbankan dalam membantu Masyarakat "

  • Jun 04, 2024
  • Fandy Achmad Yunianto

TEMPEH, Kim Permata Abadi - Menggeluti profesi sebagai Agen BRILink menjadi hal yang tidak disangka-sangka oleh Agustine Arifianty yang kerap disapa Fian. Fian bercerita, jauh sebelumnya ia sudah buka Agen Brilink yang berlokasi di Yosowilangun lor depan Indomaret Yosowilangun lor, Awalnya dia ex BRI unit Tempeh memiliki cita-cita ingin membuka cabang Brilink di Pasar Tempeh karena ia memilih ingin lebih banyak waktu luang dengan keluarga bersama anaknya. akhirnya tepat di bulan maret 2023 ia buka agen brilink cabang ke 2 yang berlokasi di stand pasar tempeh sebelah timur ex Teras BRI Pasar Dusun Kampung Baru Desa Tempeh Tengah, yang awal bermodalkan dari uang tabungan yang dia dapat untuk modal membuka Agen Brilink Pasar, dengan tekad yang kuat akhirnya memberanikan diri untuk buka cabang baru dan dengan bermodalkan ilmu yang ia dapat selama bekerja di BRI, menjadikan salah satu seorang Agen BRILink yang sukses di desanya, Desa Tempeh Tengah Kec Tempeh Kabupaten Lumajang, Selasa (4/6/2024).

Agen BRILink merupakan perluasan layanan BRI di mana agen menyediakan layanan perbankan secara langsung, realtime dan online. Layanan ini hingga keseluruh pelosok wilayah Indonesia.

Meskipun baru digeluti sejak 2023, terbukti ia mampu mendekatkan akses perbankan untuk warga di daerahnya terutama Ibu-ibu pasar tempeh karena lokasinya memang ada di pasar tempeh. Dengan demikian, warga desa tempeh tengah dan sekitarnya tak perlu lagi bersusah payah antri lama - lama di teller dan cs untuk menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk setor tunai, tarik tunai, transfer, mencairkan dana bantuan sosial (Bansos) dari pemerintah, maupun melakukan pembayaran tagihan ke kantor BRI Unit Tempeh. Hal ini lantaran adanya fitur EDC mini ATM BRI di Agen BRILink tersebut. 

Meski begitu, menurut Fian, yang namanya membuka usaha di desa, tetap ada pasang surut, ditambah dengan minimnya modal tentu ini menjadi kendala yang tak bisa dihindari. Oleh karena itu, selain melayani transaksi perbankan, ia juga membulatkan tekadnya untuk menjadi mitra Pembiayaan Ultra Mikro (UMi). Fian pun bisa menyalurkan pinjaman kepada warga sekitar, seperti pinjaman KECE (Kredit Cepat) senilai Rp 2 juta sampai 10 juta kepada masyarakat sekitar namun tetap harus memenuhi syarat dan sesuai peraturan yang berlaku, dan harus siap untuk di survey oleh mantri BRI.

“Untuk mencari para nasabah, bersosialisasi bersama masyarakat sekitar menjadi kunci utama yang harus dilakukan. Selain itu, kami aktif dalam melakukan cross selling produk BRILink,” Ungkapnya.
Berkat inovasi yang dilakukannya, Fian pun berhasil menarik minat para nasabah terutama nasabah pasar untuk menggunakan layanan Agen BRILink stand Pasar Tempeh.

Semangatnya untuk terus belajar juga menjadi modal berharga dalam mengembangkan usahanya. "Meskipun hari libur di tanggal merah, Fian tetap setia menjaga layanannya tetap berjalan tanpa henti. Keputusannya untuk tetap buka selama hari libur di tanggal merah tidak hanya sebagai wujud keseriusan dalam melayani nasabah, tetapi juga sebagai upaya untuk menjaga kepercayaan nasabah bahwasannya pelayanan agen Brilink tetap buka saat bank BRI tutup," Ujar Fian.

 Ketika ditanya tentang motivasinya menjadi agen, Fian dengan tegas menyatakan bahwa ia merasa memiliki tanggung jawab besar untuk menjaga kepercayaan para nasabah. Bagi fian, kepercayaan itu adalah modal utama yang harus dijaga dengan penuh integritas dan dedikasi.

Kisah sukses Fian sebagai AgenBRILink tidak hanya menginspirasi, tetapi juga menjadi bukti bahwa dengan kerja keras, ketulusan, dan semangat untuk melayani, setiap orang dapat mencapai kesuksesan dalam bidang yang dipilihnya. Semoga kisah perjuangan Fian dapat menjadi motivasi bagi banyak orang untuk tidak pernah menyerah dalam menggapai impian.

Kepala BRI Unit Tempeh Bapak Yudi mengatakan, layanan Agen BRILink hadir untuk memudahkan masyarakat agar bisa mengakses layanan perbankan dengan mudah. Selain transaksi tarik tunai, juga terdapat layanan untuk kebutuhan harian masyarakat seperti pembayaran tagihan Listrik, tagihan Air (PDAM), Iuran BPJS, Telepon (IndiHome), pembelian pulsa, pembayaran cicilan kendaraan (Adira, FIF, BAF, Indomobil, Finance dll), top-up BRIZZI, Transfer sesama BRI, Transfer Bank Lainnya, setoran pinjaman BRI / bank lain, setoran pinjaman Mekaar / penarikan Mekaar, penarikan Bantuan Sosial Pemerintah (Bansos), memberikan layanan referral pembukaan rekening tabungan maupun pinjaman, dan transaksi lainnya.
(red/kim/fandy)