Mengenal Struktur Adat Nagari Kambang

  • Jun 07, 2025
  • Kompasnagari.kim.id
  • Artikel

 Oleh : Haridman Kambang

Nagari Kambang hinga kini memiliki tipologi adat atau memakai dua kelarasan. Nagari Kambang itu secara struktur pemerintahan adat mengikuti kelarasan Koto Piliang, namun pada kenyataannya langgam yang digunakan dalam keseharian adalah kelarasan Bodi Caniago.

Selain tidak tegas, bentuk pemerintahan adat dan praktek yang berlainan ini menimbulkan banyak persoalan dikemudian hari. Mulai dari sengkarut kaderisasi kepemimpinan pengisian jatah kursi di struktur pemerintahan adat, hingga praktek praktek adat yang tidak bersesuaian dengan aliran struktur pemerintahan yang dianut itu.

Penulis ingin katakan, bahwa struktur pemerintahan adat yang telah terbangun sangat lama itu (Stuktur Adat yang ada di KAN) telah lama menciptakan kepemimpinan yang kaku, represif dan otoriter. Bahwa adat nagari Kambang itu dibangun dari "Ikek ampek, payuang tigo sakaki, musajik limo, koto sambilan, sementara imam berada di Koto Baru. Haluan dipegang Tan Baliak Bukik dan Datuak Bandaro Kambang". Adigiu adat ini telah lama memantik kecemburuan sosial di sejumlah suku lainnya. Adigium yang masih dipertahankan hingga kini, secara kasat mata, memang terkesan seperti sebuah pola pemerintahan adat yang seimbang dan namun sangat tidak ideal lagi untuk mengatur anak kemanakan yang sudah berkembang seperti saat ini.

Oleh karenanya, perlu pimpinan adat merestrukturisasi pemerintahan adat tersebut, jika perlu melakukan reformasi total bila ingin nagari ini berubah lebih baik. Payuang tigo sakaki, yang tersusun sedemikian rupa dibawah payung panji kebesaran Rajo Daulat Gadang Bagilia (mereka terdiri dari : Sutan Bagindo Rajo Bukik, Bagindo Sati dan Sutan Khalifah). Khusus yang mengatur ibadah dipimpin Dt Tan Baliak Bukik, sementara rajo adat dipegang Datuak Bandaro Kambang. Demiakian tertuang dalam tambo adat nagari Kambang yang masih terpakai hingga kini. Aturan ini, dengan sendirinya telah menempatkan pemilik sako yang disebutkan tersebut dikultus individukan dan tidak memberikan kesempatan kepada yang lain. Tidak akan ada peluang bagi suku yang tidak memiliki sako itu untuk dapat menduduki tampuk tampuk kepemimpinan yang ada.

Rasanya, ampek ikek yang secara langsung mengkoordinir anak keponakan melalui sejumlah datuk kerap selalu merasa menjadi bawahan payuang tigo sakaki. Ia terdiri dari Datuak Rajo Batuah dari suku Panai Tigo Induak, Datuak Bandaro Itam dari  Kampai Ampek Paruik, Datuak Majolelo dari Lareh Nan Tigo terakhir Datuak Sati dari Melayu Ampek Niniak peluangnya mentok untuk sampai ke pucuk pimpinan nagari kambang.

Siapa siapa saja akan mentok karirnya di pemerintahan adat dengan pola yang ada saat ini ? Dia adalah datuak Rajo Batuah membawahi Datuak Rajo Itam sebagi pucuk pimpinan dari Pangga Bumi dan Tuak Kayo. Kedua membawahi Datuak Rajo Alam dengan andiko keteknya bernama  Sutan Mangkhudum. Ketiga membawahi Datuak Rajo Kuaso. Selanjutnya, Datuak Bandaro Itam dari  Kampai Ampek Paruik membawahi empat pucuk adat yaitu pertama Datuak Rajo Itam yang merupakan pucuk dari Bandaro Itam, Rajo Bukik, Tan Nangkodo dan Mandaro Itam. Kedua Datuak Rajo Kampai pucuk pimpinan dari Mandaro Kampai, Anja Pansu, Tejo Marajo, Rajo Pelang, Rajo Garak, Rajo Kopa, Rajo Pareso dan Rajo Merah.

Ketiga Datuak Pado Basi membawahi Bandaro Putih, Sari Dano, Rajo Kusah, Ancang Tuah dan Khatib Sutan. Keempat Datuak Rang Batuah dengan andiko keteknya Rajo Jambi, Rajo Bagindo, Sampono Batuah dan Rang Batuah Mulia. Datuak Majolelo dari Lareh Nan Tigo mengkoordinir tiga orang datuk yaitu : Datuak Rajo Bagampo dari Suku Jambak dengan andiko keteknya Tan Painan, Bayang Sani, Bandaro Panjang, Tuak Garau, Sampono Kayo, Rajo Mangkuto, Rajo Palawan dan Rajo Bandaro. Selanjutnya Datuak Rajo  Indo yang menjadi pucuk dari rang sikumbang terdiri dari Rajo Yaman, Rajo Indo, Rajo Kayo, Rajo Sutan, Bandaro Basa, Rajo Idin, Rang Batah Kapau, Rang Batuah Koto Pulai, Rajo Pulun dan Nan Batuah. Ketiga
Datuak Putiah dari Suku Caniago dengan andiko ketek yaitu : Rajo Nan Sati, Bandaro Sati dan Malintang Bumi.

Ikek ampek terakhir yaitu Datuak Sati dari Melayu Ampek Niniak. Datuak Sati mengkoordini empat orang datuak yaitu Datuak Rajo Dio, Datuak Tan Nan Sati, Datuak Tan Mandaro dan Datuak Tan Piaman. Datuak Tan Mandaro memiliki andiko ketek yakni Rajo Alam, Tan Bandaro dan Pintu Langik, kemudian Datuak Tan Piaman dengan Rajo Ibrahim, Rajo Mulia dan Bagindo Malin.

Oleh karena struktur pemerintahan adat hanyalah sebuah kesepakatan lama tentu bisa saja dirobah, maka apa salahnya jika struktur itu dirombak dan diperbaharui sesuai kebutuhan perkembangan anak kemenakan di nagari. Termasuk merobah sistem pengisian "kursi" dipemerintahan adat itu sendiri. Apakah merobah struktur dan tata cara pengisian struktur itu merupakan sebuah kesalah? Ninik mamaklah yang tahu jawabnya.

Kepada niniak mamak, alim ulama, cadiak pandai, bundo kanduang dan pemuda se nagari Kambang, sebelum tulisan ini ditutup penulis mohon maaf atas kelancangan atas tulisan ini, kok tasingguang dikanaiak, talantuang di katurun. Wassalam.